13 Tips Cara Merawat Perak Anda

Silver Bar  – Perak merupakan pilihan Investasi masayarakat Indonesia. Makin banyaknya yang sudah membeli perak. Maka Anda harus mengetahui Fakta mengenai Perak. Salah satu keunikan Perak adalah, dimana akan terjadi lebih sedikit perubahan warna bila dipakai setiap hari, dan kemungkinan pergantian warnanya juga relatif lebih lambat daripada lama tidak dikenakan.

Perak-Batangan-Indonesia

Sebenarnya perawatan perak tidak harus istimewa, sama aja dengan ngerawat barang lain. Jika Terlihat kotor tinggal dibersihkan. Kira-Kira begini beberapa fakta dan Cara Merawat Perak anda dengan benar:

  1. Selalu simpan perak di tempat tertutup, bukan berarti tidak boleh diekspos atau dikeluarin. Boleh-boleh saja asal tidak bersentuhan langsung dengan musuh alami perak, yaitu asam. Selain itu, Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Apalagi Jika barang yang mengandung muriatic acid (biasa digunakan untuk mencobac test kadar perak), dijamin bisa langsung rusak tuh perak.
  2. Perawatan perak sama dengan benda lain, Jika warnanya sudah agak sedikit kusam cukup dibersihkan ringan dengan menggosok (pelan) menggunakan bahan katun (bahan kaos tipis lebih baik)
  3. Kusam juga dapat dihilangkan dengan bantuan air hangat & garam, direndam bebeapa menit trus di lap kering, untuk yang permukaannya mirror finish jgn digosok, cukup diusap pelan2 dengan kain halus (gerakan memutar lebih baik).
  4. Untuk noda kekuningan (orang bule bilangnya tarnish) bisa digosok lebih intens lagi, tapi jangan napsu, ntar masah baret, karena perak termasuk logam lunak.
  5. Jika mau lebih gampang lagi, ada kok kain khusus pembersih perak, emas krom dll. Kainnya lembut & sudah dilembabkan dgn cairan polish khusus yg memiliki partikel lembut tapi kuat daya bersihnya.  Caranya usap perak menggunakan kain tersebut, trus sisa polish yg masih nempel di bersihkan dengan kain lembut. Hasilnya perak anda dapat di gunakan untuk bercermin Jangan menggunakan polish yang tidak ditujukan untuk perak karena biasanya partikel abrassivenya lebih besar & bisa membuat deep scratch. misalnya brasso dll.
  6. Jangan pernah mengikat perak murni dengan karet, karena akan bersenyawa & menyebabkan perak termakan. Hindari juga benda yang mengandung sulfur (sabun sulfur), menthol, zat chloride (air pada saat berenang), dan acid atau asem, karena bisa menyebabkan perak berubah warna. Perak juga akan berubah warna merah kecoklat-coklatan apabila terkena parfum secara langsung.
  7. Jangan pernah membesihkan perak yang memiiliki nilai numismatik (nilai sebagai koleksi mata uang/koin/token) karna akan merusak nilainya. Harga perak (bullion) tidak terpegaruh kondisi permukaan (kusam, kuning dll) karena yg dinilai adalah kandungan perak dan berat dari perak itu sendiri, kecuali perak yang kolektibel. bisa jadi yg bersih lebih mahal, atau sebaliknya.
  8. Ada yang bilang jika perak dibersihkan beratnya akan berkurang. Itu Hanya Mitos, berat perak tidak akan berkurang jika dibersihkan beberapa kali dalam sebulan, krn yang dibersihkan adalah residu dari oksidasi (kotoran yg menempel dipermukaan yg kemudian beroksidasi sehingga mengasilkan lapisan kotoran yang disebut buram. kecuali jika digosok tiap hari selama bertahun2, Kita jamin perak itu sudah tidak berbentuk. Apalagi Jika membersihkannya menggunakan amplas.
  9. Yang paling aman dibungkus plastik, kalo ada plastik clip yg agak tebel. Jgn menggunakan plastik yg mengadung silikon, efeknya bisa bikin flek di permukaan. Sejauh ini cara menyimpan perak yang paling efektif adalah dengan dimasukkan ke dalam kompartemen plastik yang terpisah satu dengan lainnya. Bisa juga dimasukkan ke kantong plastik kedap udara secara terpisah. Mengapa harus terpisah? Karena silver termasuk logam yang mudah terbaret, jadi apabila tidak dipisah takut terbaret satu sama lain, terutama anting. Selain itu juga menjaga agar satu sama lain tidak saling bereaksi karena campuran metal di dalamnya bisa berbeda-beda dari setiap pengrajin ataupun brand-nya. Bisa juga dimasukkan ke dalam kantong bludru setelah sebelumnya dibungkus dengan kertas tipis. Pada intinya, menjaga agar perak terlindungi dari reaksi udara, air, dll yang bisa menyebabkan perubahan warna dan korosi, sekaligus mudah dilihat dan diambil untuk dikenakan.
  10. Jika di rumah punya oxygen absorber / silica gel bekas dari mana gitu. Boleh digunakan untuk menyimpan perak.
  11. Lepaskan Benda yang mengandung Perak anda sebelum mandi atau berenang, karena kadar chloride dalam air berbeda-beda dan dapat mengundang korosi tadi. Begitu juga sewaktu memasak dan mencuci, sebaiknya tidak digunakan karena garam juga dapat mengakibatkan korosi.
  12. Jika punya sih selalu megang perak dengan sarung tangan katun atau kain. biar tidak repot-repot membersihkan sidik jari.
  13. Perak juga bisa dibersihkan dengan mild soap untuk menghilangkan asam/minyak dari permukaan, caranya campur sabun cair dengan air trus di usap menggunakan jari, terus dibilas dan di lap kering..

 Begitulah Tips Cara Merawat Perak dengan Baik dan Benar. Silahkan mencoba untuk menyimpan perak Anda dengan lebih baik dan menjadikan nilai perak anda menjadi lebih bernilai.

Share