Ini Dia Penyebab Perak Anda Kusam

Kadang kala kita sering sadar, Lama kelamaan perak yang kita miliki jadi kusam. Ini pertanyaan umum dari orang-orang ketika melihat barang perak atau perhiasannya menjadi kusam, sebenarnya itu bukan hal yang mengherankan karena perak bisa mengalami oksidasi apabila perawatan terhadap barang perak tidak optimal.
Perak-Batangan-Bank-Dirham
Sama seperti logam mulia lainnya Platinum (emas putih), dan Aurum (emas) juga bisa mengalami oksidasi jika perawatannya tidak optimal, namun disini diakui perak lebih rentan di banding platina dan emas, karena itu membutuhkan perhatian untuk tetap mempertahakankan kilauan perak yang Brosis miliki..

Sedikit telah dijelaskan sebelumnya tentang cara merawat perhiasan perak (baca : Tips Untuk Merawat dan Menjaga Kebersihan  Perak). Dalam artikel itu dijelaskan tentang penyebab perak menjadi kusam, seperti karena kadar garam tinggi, kelembaban atau pengaruh dari kotak kayu tempat penyimpan perak yang brosis miliki..

Berikut Bank Dirham menerangkan lebih lanjut mengapa perak brosis menjadi kusam atau teroksidasi.

  1. Sulfur (belerang) beberapa produk kecantikan mengandung sulfur. Bisa terpengaruh terhadap sentuhan langsung atau dengan tingkat sulfur tinggi di udara misalnya di daerah pegunungan aktif.
  2. Garam terdapat pada bumbu masakan atau terkandung dalam keringat. dapat membuat percepatan oksidasi pada Perak karena itu di daerah pantai perak membutuhkan perhatian lebih karena kadar garam yang tinggi.
  3. Telur dapat menodai Perak yang menjadi kusam.
  4. Bumbu dapur seperti bawang merah dapat membuat noda pada perhiasan atau barang perak brosis
  5. Tempat dengan kelembaban tinggi dapat menyebabkan percepatan oksidasi pada perak brosis..
  6. Sarung tangan lateks mempunyai peran penyebab perak anda menjadi kusam.
  7. Karet gelang, dalam kontak langsung dan terus menerus  karet gelang dapat menyebabkan noda kusam pada perhiasan perak brosis
  8. Bahan bakar Fosil, seperti minyak tanah, bensin atau semacamnya bisa membantu percepatan proses oksidasi pada perhiasan perak brosis
Nah sekarang Anda sudah mengerti kan penyebab dari mengapa perhiasan, koin perak anda menjadi kusam atau teroksidasi.. semoga bermanfaat. dan tetap jaga peraknya tetap berkilau.
Share