Mengapa Harga Perak Turun Drastis Awal tahun 2013?

Investasi Perak – Masalah utama dengan uang modern adalah bukan merupakan tempat penyimpan nilai (store of value). Sejak berdirinya Federal Reserve System, mata uang “dolar” kini nilainya sudah berkurang hingga di bawah nilai nikel. Hanya ada 2 aset yang merupakan uang, dan tidak bergantung pada kredit, yakni perak dan emas.

A-Mark-NTR-Silver-Bar

Apa yang akan terjadi jika orang kehilangan kepercayaan terhadap dolar AS dan aset kertas lainnya? Bahkan suatu peristiwa kecil di dunia bisa memiliki dampak besar pada harga perak. Perak sungguh merupakan pasar yang sangat kecil sekali, tapi memiliki satu potensi besar.

Karena perak adalah pasar yang relatif kecil, dan harganya jauh lebih terjangkau oleh masyarakat daripada emas, permintaan moneter yang baru akan memaksa harga perak bergerak ke ketinggian mengejutkan dengan standar saat ini.

Lebih khusus lagi, meskipun ada sesuatu pada order emas senilai $3,7 trilyun, untuk perak hanya sekitar $20 milyar saja. Selain itu, saat ini produksi perak baru merosot jauh lebih rendah dari permintaannya.

Oleh karena itu, setiap peningkatan yang signifikan dalam minat investor terhadap perak akan memiliki dampak yang dramatis karena pasar perak hanya kurang 1 persen dari pasar emas dalam denominasi dolar AS yang bernilai $4 triliun!

Jika itu soalnya, lalu mengapa harga perak turun begitu banyak meskipun permintaan fisik kuat? Salah satu alasan utama adalah keterputusan hubungan yang jauh antara perak di pasar fisik dan non fisik.

Artikel berikut, yang dirilis pada Gold Silver Worlds pada tanggal 2 April, membuktikan bagaimana perak di pasar non-fisik (yakni pasar berjangka) mampu untuk menahan harga perak meskipun terjadi kekuatan yang luar biasa di pasar perak fisik.

Kuartal pertama tahun 2013 mengungkapkan keterputusan hubungan yang jauh tersebut berdasarkan data umum yang tersedia. Selain itu, pakar perak Ted Butler menghitung konsentrasi historis untuk posisi jual oleh JP Morgan yang memungkinkan pihaknya untuk mengontrol harga perak:

Sumber Nico Omer blog

Share