Investasi Perak Makin Mahal Untuk Beberapa Tahun Kedepan

Diperkirakan lebih dari 90% dari semua hasil tambang perak yang pernah ada dikonsumsi oleh industri fotografi, teknologi, medis, pertahanan dan industri elektronik global. Pada tahun 1900 tercatat ada 12 miliar ons perak di dunia. Dan di tahun 1990, angka itu telah turun menjadi sekitar 2,2 miliar ons, demikian menurut perusahaan riset komoditas CPM Group. Dan saat ini, hanya ada kurang dari 1 miliar ons perak murni hasil tambang.

Perak-Batangan-Produksi-Royal-Canadian-Mint

Bahkan diproyeksikan penyusutan akan lebih besar ke depannya. Permintaan industri hampir selalu melampaui pasokan pertambangan selama 20 tahun terakhir. Hal ini memang belum mendorong kenaikan harga yang lebih jauh karena dunia masih mampu ‘mengisi kesenjangan’ antara persediaan dan stok resmi pemerintah.

Namun, saat ini persediaan pemerintah AS hampir habis, dan penjualan dari sumber-sumber seperti China, Rusia dan India juga menurun. Saham-saham perak mendekati rekor terendah mereka. Dan yang tak kalah penting, perak akan jarang ditemui karena pasokan yang tidak elastis.

Permintaan industri bersama dengan melonjaknya permintaan investasi, telah menyebabkan penundaan pasokan seperti yang sekarang sedang dialami oleh sejumlah pengelola dana di komoditas perak.

Salah satu tema Ted Butler adalah bahwa pengguna industri akan panik jika mengalami kesulitan mendapatkan perak. Dan ini akan mendorong kenaikan harga yang cepat. Dan di saat itu pulalah semakin banyak investor yang mengalir dananya ke perak karena melihat pergerakan harga yang cepat.

Faktor bullish lainnya termasuk adanya berbagai kegunaan baru industri untuk perak, kesulitan dalam peningkatan produksi pertambangan perak, permintaan Asia yang luar biasa serta jumlah perak yang tidak ada dalam pool accounts yang harus di-cover suatu saat nanti.

Lalu ada kemungkinan inflasi, krisis dolar atau kepanikan ekonomi yang menyebabkan penyerbuan ke dalam logam mulia. Dan seperti yang dijanjikan, berikut adalah bagian kedua dari laporan Steve St Angelo tentang kekuatan yang akan mendorong perak lebih dari $ 100.

Jika emas naik, maka perak akan naik lebih jauh karena alasan sederhana yakni dalam sentimen bullish logam mulia yang berlanjut, rasio emas/perak cenderung turun.

Secara historis, rasionya telah mengalami tekanan terendah antara 10 hingga 15 banding 1. Saat ini rasionya sedang berada lebih dari 50. Akibatnya perak memiliki banyak peluang untuk naik. Misalnya, $2500 atau $3000 potensi kenaikan emas bisa mendorong kenaikan perak hingga $250 – lebih dari 10 kali lipat dari harganya saat ini.

Nicbo Omer Blog

Share