FAQ Perak Murni

Perak-Batangan--Murah-Indonesia

Q: Kapan waktu yang tepat untuk beli Perak?

A: Saat ini harga emas sudah diatas Rp.500.000,- per gram, sedangkan perak batangan lokal masih dibawah Rp.20.000,- per gram. Bila tujuan kita membeli perak adalah untuk investasi waktu yang tepat ialah sekarang, saat harga masih terjangkau dan belum terjadi silver rush, Indonesia adalah negara dengan penduduk yang suka latah, saat pasar perak dunia sudah liquid, di negara kita masih aman-aman saja, namun bila sudah banyak yang sadar bahwa perak lebih menguntungkan dari emas pasti akan terjadi rush silver. Investor sejati selalu memiliki visi yang jauh ke depan. Jangan kita mulai invest pada saat sudah terjadi silver rush karena kita akan kehilangan momentum kenaikan harga perak.

Q: Apakah benar perak mendapat pajak PPN sebesar 10%

A: Benar, perak mulai tahun 2009 mendapat beban biaya ppn 10% tanpa terkecuali, baik bentuk granule, dirham, bullion, maupun coin, sumber lengkap bisa PP Nomor 144 Tahun 2000 link ada di prokum.esdm.go.id/pp/2000/pp_144_2000.pdf

Q: Bagaimana cara menghitung harga perak dunia?

A: Dari www.kitco.com spot hari ini misal $30/troy ounce, jadi dalam rupiah hitungannya ($30/31.1)= $0.96 per gram x Kurs $ (9500). Jadi harga per gram Rp.9.120,- Harga tersebut merupakan harga dalam skala trading, belum menghitung biaya minting.

Q: Mengapa harga per gram lebih mahal dari kitco.com?

A: Disamping kena pajak 10%, harga spot tersebut juga belum termasuk biaya cetak dan sertifikat di Indonesia.

Q: Mengapa spread (selisih) antara jual dan beli masih besar? 

A: Perak adalah investasi untuk jangka panjang, saat ini spread masih jauh karena perak masih mencari harga keseimbangan dengan emas, invest sekarang karena harga masih murah.

Q: Mengapa kadar silver ANTAM 999.5 bukan 999?

A: Kadar perak 999.5 ANTAM sebenarnya sama dengan perak import yg ditulis 999, hanya karena sejak awal antam mengeluarkan dirham (fine silver) yg bertuliskan 999.5 maka untuk produk perak batangan antam (baru mulai Maret 2011) juga mau tidak mau harus sama tulisannya yakni 999.5. lihat Artikel Aneka Kadar Perak di Dunia

Q: Apakah Perak Import sama harganya dengan Perak Lokal?

A: Tentu Berbeda, Harga di pengaruhi oleh banyak komponen.

Share